Berita

Memasuki Bulan Tahun Politik, Bijaklah Bermedsos!

5 May 2018

Bermedsos dengan bijak

Dalam konstelasi dinamika Pilgub Jatim hati-hatilah ngeshare sembarangan di media elektronik yang bikin orang lain/kelompok merasa tercemar, tersinggung dan terhina serta kalimat pengancaman.

Ingat kita ada kasus bernama Prita Mulyasari dilaporkan polisi oleh RSI Omni dengan tuduhan mencemarkan nama baik hanya dengan ngeshare, upload atas komplin pelayanan ke media elektronik akhirnya harus dinyatakan bersalah oleh Hakim dengan hukuman 6 Bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun.

Ada Irsyad Muhamammad seorang pekerja penusuk sate, gara gara ma upload gambar seronok dengan telah diedit gambarnya Presiden Jokowi bersama Megawati juga berurusan denga yang berwajib.

Di PN Gresik, beberapa bulan lalu, satu perkara serupa dengan terdakwa A yang mengunggah Pengusaha dijadikan meme di medsos Hakim memvonis dan menyatakan Terdakwa bersalah melanggar Pasal 45 Ayat 3 juncto Pasal 27 Undang-undang ITE tentang pencemaran nama baik dengan hukuman satu bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan.

Demikian pula, saat ini telah masuk pada bulan tahun politik, sehingga para pelaku politik agar bijak dalam membuat statement2 politik jangan sampai salah kalimat hingga adanya pihak lain khususnya lawan politik merasa tersinggung hingga mengandung penyerangan pembunuhan karakter dan pencemaran nama baik.

Ini ketentuannya dalam UU no 11 tahun 2008 tentang ITE. Dalam pasal 27:

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan *penghinaan* dan/atau *pencemaran nama baik*.
(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Resiko pidana ada pada pasal 45:
(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana *penjara paling lama 6 (enam) tahun* dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
(2) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
(3) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana *penjara paling lama 12 (dua belas) tahun* dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah):

Maka demikian mari kita, para penggiat, pelaku atau para politikus agar mengirim pesan, curhat sampai bependapat, beropini atau bermedsos untuk bersikap lebih bijak, karena ketenangan dan kondusifitas di masyarakat sangat dimimpikan oleh semua pihak.

Sumber: GresikDorrNews.com

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply